TANYALAH HATI NURANIMU

Rasulullah SAW bersabda; "Tanyakan pada hatimu sendiri! Kebaikan adalah apa yang jiwa dan hati tenang karenanya, sedangkan dosa adalah sesuatu yang menimbulkan keraguan dalam jiwa dan rasa gundah dalam dada, meskipun orang-orang memberi fatwa kepadamu dan mereka membenarkannya." [HR Imam Ahmad bin Hanbal]

MENGAPA AKU BELAJAR AL-QURAN?

Rasulullah SAW bersabda; "Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya. - Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya Al-Quran itu pada hari Kiamat akan memberikan syafa’at kepada pembacanya" [HR. Bukhari - Muslim]

RAHASIA DI SEKITAR DUNIA IBUKU

Rasulullah SAW bersabda; "Apabila seorang wanita shalat lima waktu, puasa sebulan (ramadhan), menjaga kemaluannya dan taat kepada suaminya, maka dikatakan kepadanya: masuklah engkau dalam surga dari pintu mana saja yang engkau sukai." [HR Imam Ahmad bin Hanbal]

SUDAH BAIKKAH SHALATKU?

Rasulullah SAW bersabda: "Yang pertama kali akan dihisab dari seseorang pada hari kiamat adalah shalat. Jika shalatnya baik, akan baik pula seluruh amalnya. Jika shalatnya rusak akan rusak pula seluruh amal perbuatannya." [HR. At-Thabrani - Dari Anas RA]

AJARI KAMI ILMU YANG BAIK

Rasulullah SAW bersabda; "Mendidik anak lebih baik bagimu daripada setiap hari bersedekah satu sha - Tidak ada pemberian seorang ayah untuk anaknya yang lebih utama daripada (pendidikan) akhlak yang baik." [HR. At-Tirmidzi Dari Jabir bin Samurah r.a dan Amr bin Sa’id bin Ash r.a]

Sabtu, 10 Juli 2010

RAHASIA ANGKA "BILANGAN SUJUD"




I'JAZ 'ADADI
Tiga Puluh Empat Kali Bilangan Sujud


Dengan kemauan-Nya sendiri, Dia mengirim, menurunkan wahyu yang menjadi petunjuk kebenaran dan wahyu itu telah diperkenalkan. Selanjutnya, sebagai isyarat dari kekuasaannya dan petunjuk dunia, di semua waktu dan tempat, utusan yang mulia dan utusan yang dekat ini dikirim untuk makhluknya dan utusan yang lain. Sebagaimana firman Allah:

كُلِّ قَوْمٍ هَادٍ
"Dan bagi tiap-tiap kaum ada orang yang memberi petunjuk." (QS ar-Ra'ad [13] : 7)

Dalam Al-Quran, akan anda temukan bahwa kata "sujud" yang dilakukan oleh mereka yang berakal disebutkan sebanyak 34 kali. Jumlah tersebut sama dengan jumlah sujud dalam shalat sehari­-hari yang dilakukan pada lima waktu dengan jumlah sebanyak 17 rakaat. Pada setiap rakaat dilakukan dua kali sujud sehingga jumlahnya menjadi 34 kali sujud sebagaimana terdapat pada ayat-ayat berikut:

  1. وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلاَئِكَةِ اسْجُدُواْ لآدَمَ wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama: “Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para Malaikat, 'Sujud-lah kamu kepada Adam' (QS Al-Baqarah[2]:34) Ayat ini merupakan ayat ketiga puluh empat pada surat Al-Baqarah, yaitu surat dalam mushaf yang pertama yang menyebutkan masalah sujud yang jumlahnya sama dengan jumlah sujud dalam keseharian umat islam. 
  2. ثُمَّ قُلْنَا لِلْمَلآئِكَةِ اسْجُدُواْ لآدَمَ tsumma qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama: “kemudian Kami katakan kepada para Malaikat; "Ber­sujud-lah kamu kepada Adam!" (QS Al-Araf [7]: 11) 
  3. وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلآئِكَةِ اسْجُدُواْ لآدَمَ wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama “Dan ingatlah ketika Kami katakan kepada Malaikat: "Ber­sujud-lah kamu kepada Adam!" (QS Al-Isra [17]: 61) 
  4. وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama: "Dan (ingatlah) ketika kami katakan kepada para Malaikat: "Ber-sujud-lah kamu kepada Adam!" (QS Al-Kahfi [18]: 50) 
  5. وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ  wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama: "Dan (ingatlah) ketika Kami katakan kepada para malaikat: "Ber-sujud-lah kamu kepada Adam!"  (QS Thaha[20]: 116) 
  6. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ارْكَعُوا وَاسْجُدُوا وَاعْبُدُوا رَبَّكُمْ yaa ayyuhaa alladziina aamanuu irka'uu wausjuduu wau'buduu rabbakum:  "Wahai orang-orang yang beriman, ruku' dan ber-sujud-lah kamu serta beribadahlah kamu kepada Tuhanmu (QS Al-Hajj[22] : 77) 
  7. وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ اسْجُدُوا لِلرَّحْمَنِ قَالُوا وَمَا الرَّحْمَنُ wa-idzaa qiila lahumu usjuduu lilrrahmaani qaaluu wamaa alrrahmaanu: "Dan apabila dikatakan kepada mereka, "Sujud-lah kamu sekalian kepada Yang Mahapenyayang." Mereka menjawab, "Siapakah Yang Maha Penyayang itu?" (QS Al-Furqan [25]: 60) 
  8. لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ  laa tasjuduu lilsysyamsi walaa lilqamari wausjuduu lillaahi aladzii khalaqahunna:  "Janganlah kalian ber-sujud kepada matahari maupun bu­lan, dan ber-sujud-lah kamu semua kepada Allah, Dzat Yang telah menciptakan keduanya (matahari dan bulan) (QS Fushshilat [41]: 37) 
  9. فَاسْجُدُوا لِلَّهِ وَاعْبُدُوا fausjuduu lillaahi wau'buduu: "Maka ber-sujud-lah kalian kepada Allah dan beribadahlah kalian (kepada-Nya). (QS Al-Najm [53]: 62) 
  10. يَا مَرْيَمُ اقْنُتِي لِرَبِّكِ وَاسْجُدِي وَارْكَعِي مَعَ الرَّاكِعِينَ  yaa maryamu uqnutii lirabbiki wausjudii wairka'ii ma'a alrraaki'iina: "Hai Maryam, taatlah kepada Tuhanmu, sujud dan ruku'lah bersama-sama orang yang ruku'. (QS Ali Imran [3]: 43) 
  11. فَسَجَدَ الْمَلآئِكَةُ كُلُّهُمْ أَجْمَعُونَ  fasajada almalaa-ikatu kulluhum ajma'uuna:  "Maka sujud-lah para Malaikat itu semuanya bersama-sama. (QS Al-Hijr [15]: 30) 
  12. فَسَجَدَ الْمَلَائِكَةُ كُلُّهُمْ أَجْمَعُونَ fasajada almalaa-ikatu kulluhum ajma'uuna: "Maka ber-sujud-lah para Malaikat itu semuanya bersama-­sama." (QS Shad 38]: 73) 
  13. فَسَجَدُواْ إِلاَّ إِبْلِيسَ  fasajaduu illaa ibliisa: “Maka semua para Malaikat itu ber-sujud, kecuali Iblis; ia enggan  (QS Al-Baqarah [2]: 34) 
  14. فَإِذَا سَجَدُواْ فَلْيَكُونُواْ مِن وَرَآئِكُمْ  fa-idzaa sajaduu falyakuunuu min waraa-ikum:  "Kemudian apabila mereka (yang salat besertamu) sujud (telah menyempurnakan satu rakaat) maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh). (QS An-Nisa [4]: 102) 
  15. فَسَجَدُواْ إِلاَّ إِبْلِيسَ لَمْ يَكُن مِّنَ السَّاجِدِينَ fasajaduu illaa ibliisa lam yakun mina alssaajidiina:  “maka mereka pun ber-sujud, kecuali iblis. Dia tidak termasuk mereka yang bersujud ...”  (QS Al-A'raf [7]: 11). 
  16. فَسَجَدُواْ إَلاَّ إِبْلِيسَ  fasajaduu illaa ibliisa:  "Maka mereka ber-sujud, kecuali iblis .."(QS Al-Isra [17]: 61) 
  17. فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ كَانَ مِنَ الْجِنِّ  fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni:  "Maka mereka ber-sujud, kecuali Iblis. Dan dia adalah dari golongan jin .." (QS Al-Kahfi [18]: 50). 
  18. فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ أَبَى  fasajaduu illaa ibliisa abaa:  "Maka mereka ber-sujud, kecuali iblis, ia enggan ..." (QS Taha [20]: 116). 
  19. قَالَ لَمْ أَكُن لِّأَسْجُدَ لِبَشَرٍ خَلَقْتَهُ مِن صَلْصَالٍ مِّنْ حَمَإٍ مَّسْنُونٍ  qaala lam akun li-asjuda libasyarin khalaqtahu min shalshaalin min hama-in masnuunin: "Berkata iblis: "Aku sekali-kali tidak akan ber-sujud kepada manusia yang Engkau telah ciptakan dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk." (QS Al­ Hijr [15]: 33). 
  20. إَلاَّ إِبْلِيسَ قَالَ أَأَسْجُدُ لِمَنْ خَلَقْتَ طِيناً  illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaan:  "Kecuali iblis, ia berkata: 'Apakah aku akan ber­-sujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari tanah?" (QS Al-Isra [17]: 61). 
  21. قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلاَّ تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ  qaala maa mana'aka allaa tasjuda idz amartuka:  Allah berfirman: 'Apakah yang menghalangimu untuk ber­-sujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" (QS Al-A'raf [7]: i2). 
  22. قَالَ يَا إِبْلِيسُ مَا مَنَعَكَ أَن تَسْجُدَ لِمَا خَلَقْتُ بِيَدَيَّ qaala yaa ibliisu maa mana'aka an tasjuda limaa khalaqtu biyadayya: Allah berfirman: "Wahai iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-cipta-kan dengan kedua tangan-Ku?" (QS Shad [38]: 75). 
  23. لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ laa tasjuduu lilsysyamsi walaa lilqamari: Janganlah kalian sujud kepada matahari maupun bulan (QS Fushilat [41]: 3 7 ) 
  24. قَالُوا وَمَا الرَّحْمَنُ أَنَسْجُدُ لِمَا تَأْمُرُنَا وَزَادَهُمْ نُفُوراً  qaaluu wamaa alrrahmaanu anasjudu limaa ta/murunaa: "Mereka berkata, "Dan siapakah Yang Maka Penyayang itu? Apakah kami harus ber-sujud kepada yang kamu perintahkan kepada kami?" (QS Al-Furqan [25]: 60). 
  25. وَلِلّهِ يَسْجُدُ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ طَوْ  walillaahi yasjudu man fii alssamaawaati waal-ardhi thaw'an: "Hanya kepada Allah-lah sujud (patuh) segala apa yang di langit dan di bumi .... (QS Al-Ra'd [13]: 15). 
  26. وَلِلّهِ يَسْجُدُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ walillaahi yasjudu maa fii alssamaawaati wamaa fii al-ardhi: "Dan hanya kepada Allah-lah sujud segala apa yang ada di langit dan bumi .... (QS Al-Nahl [16]: 49). 
  27. أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يَسْجُدُ لَهُ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَمَن فِي  alam tara anna allaaha yasjudu lahu man fii alssamaawaati waman fii al-ardhi:  "Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah ber­-sujud segala apa yang ada di langit, bumi .... (QS Al-Hajj [22]: 18). 
  28. أَلَّا يَسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي يُخْرِجُ الْخَبْءَ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ  allaa yasjuduu lillaahi alladzii yukhriju alkhaba-a fii alssamaawaati waal-ardhi: "Agar mereka tidak ber- sujud (menyembah) Allah Yang mengeluarkan apa yang terpendam di langit dan di bumi .... (QS Al-Naml [27]: 25). 
  29. قَآئِمَةٌ يَتْلُونَ آيَاتِ اللّهِ آنَاء اللَّيْلِ وَهُمْ يَسْجُدُونَ qaa-imatun yatluuna aayaati allaahi aanaa-a allayli wahum yasjuduuna: "Mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga ber- sujud (sembahyang). (QS Ali Imran [3]: 113). 
  30. إِنَّ الَّذِينَ عِندَ رَبِّكَ لاَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِ وَيُسَبِّحُونَهُ وَلَهُ يَسْجُدُونَ  inna alladziina 'inda rabbika laa yastakbiruuna 'an 'ibaadatihi wayusabbihuunahu walahu yasjuduuna: “Sesungguhnya malaikat-malaikat yang ada di sisi Tuhanmu tidaklah merasa enggan menyembah Allah dan mereka ber­tashbih memuji-Nya dan hanya kepada-Nyalah mereka ber­- sujud. (QS Al-A'raf [7]: 206). 
  31. وَجَدتُّهَا وَقَوْمَهَا يَسْجُدُونَ لِلشَّمْسِ مِن دُونِ اللَّهِ wajadtuhaa waqawmahaa yasjuduuna lilsysyamsi min duuni allaahi: "Aku mendapati dia dan kaumnya ber-sujud kepada matahari, selain Allah .." (QS Al-Naml [27]: 24). 
  32. وَإِذَا قُرِئَ عَلَيْهِمُ الْقُرْآنُ لَا يَسْجُدُونَ wa-idzaa quri-a 'alayhimu alqur-aanu laa yasjuduuna: "Dan jika dibacakan Al-Quran kepada mereka, mereka tidak ber-sujud. (QS Al-Insyihaq [84]: 21). 
  33. وَمِنَ اللَّيْلِ فَاسْجُدْ لَهُ وَسَبِّحْهُ لَيْلاً طَوِيلاً  wamina allayli fausjud lahu wasabbihhu laylan thawiilaan: "Dan pada bagian dari malam, maka sujud-lah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari. (QS Al-Insan [76]: 26). 
  34. كَلَّا لَا تُطِعْهُ وَاسْجُدْ وَاقْتَرِبْ kallaa laa tuthi'hu wausjud waiqtarib: "Sekali-kali jangan, janganlah kamu patuh kepadanya; dan sujud-lah dan dekatkanlah (dirimu kepada Tuhan). (QS Al-Alaq [96]: 19). 

Dalam Al-Quran tidak ada kata sujud yang dihubungkan dengan makhluk yang tidak berakal, kecuali satu ayat saja, yaitu dalam firman Allah SWT:

وَالنَّجْمُ وَالشَّجَرُ يَسْجُدَانِ
"Dan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohonan kedua-keduanya sujud kepada-Nya". 
(QS Al-Rahman [55]: 6).

Selain dalam ayat tersebut, 34 kata kerja (fi'il) sujud semuanya dihubungkan dengan makhluk berakal.


Lihat juga rahasia angka lainnya di sini


0 KOMENTAR:

Tulis Komentar