TANYALAH HATI NURANIMU

Rasulullah SAW bersabda; "Tanyakan pada hatimu sendiri! Kebaikan adalah apa yang jiwa dan hati tenang karenanya, sedangkan dosa adalah sesuatu yang menimbulkan keraguan dalam jiwa dan rasa gundah dalam dada, meskipun orang-orang memberi fatwa kepadamu dan mereka membenarkannya." [HR Imam Ahmad bin Hanbal]

MENGAPA AKU BELAJAR AL-QURAN?

Rasulullah SAW bersabda; "Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya. - Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya Al-Quran itu pada hari Kiamat akan memberikan syafa’at kepada pembacanya" [HR. Bukhari - Muslim]

RAHASIA DI SEKITAR DUNIA IBUKU

Rasulullah SAW bersabda; "Apabila seorang wanita shalat lima waktu, puasa sebulan (ramadhan), menjaga kemaluannya dan taat kepada suaminya, maka dikatakan kepadanya: masuklah engkau dalam surga dari pintu mana saja yang engkau sukai." [HR Imam Ahmad bin Hanbal]

SUDAH BAIKKAH SHALATKU?

Rasulullah SAW bersabda: "Yang pertama kali akan dihisab dari seseorang pada hari kiamat adalah shalat. Jika shalatnya baik, akan baik pula seluruh amalnya. Jika shalatnya rusak akan rusak pula seluruh amal perbuatannya." [HR. At-Thabrani - Dari Anas RA]

AJARI KAMI ILMU YANG BAIK

Rasulullah SAW bersabda; "Mendidik anak lebih baik bagimu daripada setiap hari bersedekah satu sha - Tidak ada pemberian seorang ayah untuk anaknya yang lebih utama daripada (pendidikan) akhlak yang baik." [HR. At-Tirmidzi Dari Jabir bin Samurah r.a dan Amr bin Sa’id bin Ash r.a]

Kamis, 21 Juli 2016

Iman Kepada Para Nabi Dan Rasul Allah

IMAN KEPADA RASUL ALLAH merupakan rukun iman ke-4 yang wajib dipercayai dan diyakini kebenarannya oleh seluruh umat Islam. Artinya, setiap umat Islam diwajibkan untuk percaya, meyakini, bahkan mengenali eksistensi mereka melalui riwayat kehidupan para nabi dan rasul Allah sebagaimana dikisahkan dalam Al-Quran dan Hadits.

Menurut salahsatu hadits, sejak Adam Alayhi salam hingga Muhammad Shallallahu alayhi wa salam, jumlah nabi dan rasul yang pernah diutus oleh Allah kepada masing-masing kaumnya di seluruh muka bumi ini adalah sebanyak 124.000 orang, dan 313 di antaranya bergelar rasul. 

Kendati demikian, jumlah rasul Allah yang wajib diimani oleh umat Islam hanya 25 orang, di mana 5 di antaranya adalah para rasul yang bergelar ulul azmi.

A. PENGERTIAN IMAN KEPADA RASUL ALLAH
Beriman kepada rasul berarti percaya dan yakin bahwa para rasul tsb benar-benar utusan Allah SWT yang menerima amanat dan tugas-tugas dari Allah untuk membimbing umatnya menempuh jalan yang benar dan diridhai oleh Allah, sehingga selamat dunia dan akhirat.

Definisi Nabi dan Rasul
Rasul adalah manusia pilihan yang diberi wahyu oleh Allah untuk dirinya sendiri dan mempunyai kewajiban untuk menyampaikan wahyu dari Allah untuk umatnya. Sedangkan, Nabi adalah manusia pilihan yang menerima wahyu dari Allah untuk dirinya sendiri dan tidak wajib menyampaikannya kepada umatnya. Dengan demikian, seorang rasul sudah pasti adalah nabi, tetapi seorang nabi belum tentu adalah rasul.

Firman Allah, 

“Dan kami mengutus para rasul itu melainkan untuk memberikan kabar gembira dan memberi peringatan. Barangsiapa yang beriman dan mengadakan perbaikan, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-An’am 6:48)

Perbedaan Nabi dan Rasul
  • Jenjang kerasulan lebih tinggi daripada jenjang kenabian.
  • Rasul diutus kepada kaum yang kafir, sedangkan nabi diutus kepada kaum yang telah beriman.
  • Syari’at para rasul berbeda antara satu dengan yang lainnya, atau dengan kata lain bahwa para rasul diutus dengan membawa syari’at baru.
  • Nabi yang pertama adalah Adam dan rasul pertama adalah Nuh.
  • Seluruh rasul yang diutus, Allah selamatkan dari percobaan pembunuhan yang dilancarkan oleh kaumnya. Adapun nabi, ada di antara mereka yang berhasil dibunuh oleh kaumnya sendiri.

B. NAMA 25 NABI DAN RASUL DALAM IMAN ISLAM


C. KRITERIA NABI DAN RASUL
Di antara sekian banyak kriteria nabi dan rasul adalah,
  1. Dipilih dan diangkat oleh Allah.
  2. Mendapat mandat (wahyu) dari Allah.
  3. Bersifat cerdas.
  4. Dari umat bani Adam (manusia).
  5. Nabi dan rasul adalah seorang pria.
Rasul Allah mempunyai sifat yang sangat terpuji dan terhindar dari sifat tercela, sifat ini biasa disebut sifat wajib rasul. Sedangkan sifat tercela yang tidak mungkin dimiliki oleh para Rasul disebut sifat mustahil rasul.

Sifat wajib Rasul 
  1. Sidiq: berkata benar
  2. Amanah: dapat dipercaya
  3. Tabligh: menyampaikan
  4. Fathonah: cerdik,pandai
Sifat mustahil Rasul
  1. Kizib: berkata bohong
  2. Khianah: tidak dapat dipercaya
  3. Kitman: menyembunyikan
  4. Baladah: bodoh

D. RASUL ULUL AZMI
Rasul ulul azmi adalah utusan Allah yang memiliki kesabaran dan ketabahan yang luar biasa dalam menyampaikan risalah kepada umatnya. Ada 5 rasul yang mendapat gelar ulul azmi, mereka adalah,
  1. Nabi Nuh As
  2. Nabi Ibrahim As
  3. Nabi Musa As
  4. Nabi Isa As
  5. Nabi Muhammad SAW

E. TUGAS UTAMA PARA RASUL 
  • Menyampaikan ajaran agama kepada umatnya dan mengajak mereka untuk beribadah kepada Allah.
  • Menjelaskan semua permasalahan agama yang diturunkan oleh Allah,
  • Membimbing manusia kepada kebaikan dan menjauh dari kejahatan,
  • Membawa kabar gembira (surga) dan peringatan (neraka),
  • Memperbaiki kondisi sosial budaya umatnya,
  • Memberikan teladan yang baik dalam perkataan dan perbuatan,
  • Mengimplementasikan dan menegakkan syari’at Allah di tengah-tengah umatnya,
  • Menjadi saksi atas umat mereka pada hari kiamat, bahwa mereka telah menyampaikan sunatullah yang diterima dengan jelas.

E. HIKMAH DIUTUSNYA PARA RASUL
  • Menyelamatkan manusia dari dosa menyembah Tuhan selain Allah.
  • Menjadi suri tauladan perilaku yang diridhai oleh Allah 
  • Menegakkan hujjah Allah yang jelas melalui para rasul, sehingga tidak ada alasan bagi manusia untuk membantah dalam pengadilan Allah.
  • Menjelaskan kepada manusia tentang masalah-masalah ghaib yang sulit dicerna oleh akal, seperti nama-nama dan sifat Allah, berita tentang hari kiamat, dan lain sebagainya.
  • Memperbaiki, membersihkan, mensucikan jiwa manusia, memperingatkan mereka  dari hal-hal yang dapat merusaknya.

F. FUNGSI IMAN KEPADA RASUL ALLAH
  • Menambah keimanan kepada Allah dengan mengetahui bahwa rasul yang mengajarkan hikmah kepada manusia memang benar-benar manusia pilihan Allah.
  • Mempercayai tugas yang dibawa oleh Rasul untuk disampaikan kepada umatnya.
  • Lebih menghormati dan mencintai rasul karena perjuangannya.
  • Memperoleh suri tauladan yang agung untuk dijadikan pedoman hidup.
  • Memotivasi keinginan untuk mengamalkan apa yang diajarkan oleh para Rasul Allah.

CATATAN
Jawaban untuk pertanyaan kenapa umat Islam hanya diwajibkan mengimani (baca: mengenal dan meneladani ajaran serta hikmah)  25 orang rasul dari 124.000 nabi dan rasul yang pernah diutus oleh Allah ke seluruh permukaan bumi selama kurun waktu ribuan tahun sejak Adam Alayhi salam hingga Muhammad Shallallahu alayhi wa salam, adalah karena riwayat kenabian masing-masing mereka ternyata mengandung intisari dari seluruh ajaran Islam yang kemudian disempurnakan oleh Allah pada masa kenabian Rasulullah Shallallahu alayhi wa salam.

Wallahu 'alam bisyawwab.



0 KOMENTAR:

Tulis Komentar