Penjelasan Daftar Arsip

Setidaknya ada sekitar 370 judul tulisan dalam blog ini (Insha Allah, mudah-mudahan akan terus bertambah) yang dikelompokkan berdasarkan label atau kategorinya masing-masing dan tentu saja akan sangat menjemukan jika harus dicari satu demi satu dari halaman utamanya.

Untuk itu, seperti umumnya situs-situs serupa lainnya, kami juga coba menyediakan DAFTAR ISI yang dimuat dalam INDEKS-1, INDEKS-2 dan DAFTAR ARSIP yang dapat diakses melalui menu yang tersedia di sudut kiri di navigasi utama halaman blog ini, atau pada sidebar yang tersedia pada sisi kanan bawah halaman blog ini.

INDEKS-1
Secara ringkas menampilkan daftar arsip menurut kelompok label atau kategori yang dapat dilihat dengan mengaktifkan masing-masing judul label seperti gambar di bawah ini:



Namun pada saat yang sama, ada baiknya anda melakukan "cross-check" juga atas jumlah arsip yang tersedia pada daftar INDEKS-1 ini dengan jumlah sebenarnya yang ditampilkan dalam menu KATEGORI pada sisi kanan halaman blog seperti gambar di bawah ini:

Anda akan mendapati bahwa  jumlah arsip dalam 2 format informasi ini ternyata tidak selalu sama (perhatikan misalnya kategori "Adab" pada kedua daftar. INDEKS-1 menunjukkan 2 arsip, sementara yang "terkategorikan" di bawah label ini ada 5 arsip).

Dengan kata lain, walaupun daftar yang ditampilkan sesuai dengan label atau kategorinya, namun adakalanya INDEKS-1 ini tidak menampilkan daftar arsipnya secara komplit!

Dengan demikian, sekalipun INDEKS-1 tampak "handy" dan mudah dioperasikan, namun untuk menemukan lebih banyak lagi arsip pada kategori yang mungkin saja menarik untuk disimak, anda terpaksa harus bolak-balik dari menu INDEKS-1 ke menu KATEGORI, atau sebaliknya.

INDEKS-2
Default tampilan pada INDEKS-2 ini adalah "flipcard" yang menampilkan daftar arsip berdasarkan foto imej pada masing-masing arsip, yang secara kolektif kemudian membentuk kumpulan foto imej  dari seluruh arsip seperti sebuah galeri. Anda dapat mengubah tampilan ini dengan memilih daftar yang tersedia pada "Pilihan Tampilan Menu" utuk kemudian menyeleksi arsip yang mungkin sedang anda cari dengan mengaktifkan, atau mengklik masing-masing foto imej secara bergantian sesuai kebutuhan.

Sedangkan untuk mensortir arsip, anda dapat memilih kelompok arsip beradasarkan Recent (arsip terbaru), Date (tanggal unggah arsip), Label (kategori arsip) atau Author (pengunggah arsip) seperti gambar di bawah ini:

Sekalipun tampak lebih 'funky", tidak kalah handy dan juga mudah dioperasikan seperti halnya INDEKS-1, namun secara teknis INDEKS-2 ini juga tampaknya masih belum maksimal menampilkan daftar arsip yang tersedia, sehingga untuk melihat seluruh arsip blog, anda masih perlu merujuk ke menu KATEGORI seperti halnya pada pengaplikasian INDEKS-1 di atas.

DAFTAR ARSIP
Yang satu ini memang tampak kuno, klasik, konservatif dan jauh dari kesan "funky" sebagaimana dua pendahulunya. Namun dibandingkan dengan keduanya, DAFTAR ARSIP ini ternyara yang paling akurat dalam menampilkan seluruh arsip blog yang tersedia!

Daftar sederhana yang hanya terdiri dari tiga kolom kendali ini ternyata sangat membantu dalam pencarian arsip.

Jika diklik, kolom POST TITLE berfungsi untuk bantu mencari arsip berdasar abjad dengan mengubah urutan arsip dari A ke Z atau sebaliknya. Demikian pula dengan kolom POST DATE yang berfungsi untuk mengubah urutan tanggal posting dari tanggal terkini ke tanggal tertua atau sebaliknya (ascending & descending).

Sedangkan kolom LABEL berfungsi untuk mencari seluruh arsip berdasarkan label atau kategori yang tersedia.

Sebagai illustrasi, misalnya anda ingin melihat seluruh arsip blog di bawah  kategori "Al-Quran", maka kliklah label "Hadits" pada kolom dalam daftar ini. Seluruh arsip di bawah kategori dimaksud akan tampil di kolom POST TITLE sesuai dengan tanggal posting masing-masing yang juga ikut "menyesuaikan diri" pada kolom POST DATE.

Demikian pula halnya jika anda klik kategori-kategori lainnya.

Sedangkan untuk mengembalikan daftar ke urutan awal (guna melihat kembali seluruh kategori yang tersedia), anda cuma perlu mengklik kolom LABEL seperti gambar di bawah ini:

Dengan demikian, dari semua DAFTAR ISI blog ini, maka tingkat akurasi tertinggi ada pada DAFTAR ARSIP ini, disusul oleh menu KATEGORI di sisi kanan halaman, baru kemudian oleh INDEKS-1 dan INDEKS-2 yang tidak bisa secara serta merta divonis sebagai "tidak akurat" karena pada dasarnya masing-masing Indeks ini menampilkan daftar arsip secara random.

Demikian untuk dimaklumi.
Semoga berguna!

Salam takzim,
Hariswan Indra

Saya hanya insan fakir yang sadar bahwa pada hakekatnya hidup ini hanya kesenangan semu. Di hari tua seperti sekarang ini, saya ingin agar sisa hidup ini menjadi lebih punya arti, dan melalui media ini berharap semoga dapat sekedar berbagi dengan sesama insan pencari ridha Allah Subhanahu Wata'ala. Semoga bermanfaat!
Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »
0 Komentar